Tips Mudah Jualan di Marketplace Indonesia

Jika Anda adalah seseorang yang suka menjual atau membeli barang melalui internet, apakah Anda tidak yakin apa pasarnya? Pasar ini dapat dianggap sebagai pasar internet seperti Bukalapak, OLX, Tokopedia dan banyak lagi. Jika Anda menjual barang melalui pasar, ini berarti sama dengan membuka toko di pasar atau mal yang penuh dengan orang. Perbedaannya adalah bahwa Anda tidak perlu membayar sewa karena Anda, sebagai penjual potensial, tidak dikenakan sepeser pun ketika menjual produk di pasar. Nah, bagi Anda yang ingin berjualan melalui situs online. Ayo, lihat 6 cara yang tepat untuk menjual barang di situs online agar bisnis Anda bekerja dengan baik yang admin kutip dari website Abbi Angkasa Perdana.

Kenali produk yang ingin Anda jual di situs online

Cara efektif pertama untuk menjual barang di situs online sehingga perusahaan bekerja dengan baik adalah mengenali produk yang akan dijual. Anda harus memahami bahwa setiap pasar memiliki karakter dan tujuan yang berbeda. Ada berbagai jenis seperti grosir, eceran, bekas dan banyak lagi. Jika Anda ingin membeli barang, Anda tentu tidak menginginkan alamat yang salah, bukan? Bayangkan Anda ingin membeli barang-barang bayi, tetapi bukannya membuka toko ikan, itu jelas tidak terhubung, kan? Karena itu identifikasi produk Anda sebelum Anda menjualnya di pasar. Selain itu, ini juga mengidentifikasi fungsi dan sistem dan kondisi yang digunakan di situs. Oleh karena itu produk yang Anda jual terlihat lebih baik dan menarik perhatian pembeli potensial.

Penelitian untuk mengidentifikasi pesaing dan pelanggan potensial

Kemudian lakukan penelitian untuk mengidentifikasi pesaing dan pelanggan potensial sebelum menjualnya di pasar. Karena penelitian kecil ini sangat penting untuk diperhatikan. Jika Anda ingin membuka toko di mal, Anda harus tahu pasti siapa toko yang menjual produk serupa, bukan? Jadi perhatikan bagaimana mereka menjual jenis produk apa untuk kesaksian pelanggan mereka. Dari sini Anda dapat menemukan kelebihan dan kekurangan toko. Karena itu Anda dapat berperan dalam mengatasi kekurangan ini dalam produk yang Anda jual.

Isi rincian toko sedetail mungkin, sehingga pelanggan potensial mempercayai toko Anda

Masukkan nama toko yang akan dipertimbangkan. Kemudian masukkan informasi toko sedetail mungkin agar calon pembeli mempercayai toko Anda. Tidak hanya itu, namanya berarti toko tersebut juga seharusnya mampu menarik perhatian pembeli potensial untuk selalu mengingat nama toko Anda. Buat nama toko yang unik, mudah mengeja dan mudah diingat. Kemudian masukkan informasi toko untuk memfasilitasi transaksi dan menciptakan kepercayaan pelanggan atau manajer pasar.

Gambar dan spesifikasi produk

Ketika mereka berada di pasar atau di mal, pelanggan dapat melihat dan merasakan produk segera sebelum mereka membelinya. Tidak seperti membeli di toko online, pelanggan hanya dapat mengandalkan foto dan deskripsi produk. Untuk itu Anda harus melakukan sebanyak mungkin, seperti gambar produk yang jelas dan menarik dan disertai dengan deskripsi yang menjual tetapi jangan berlebihan. Metode ini tentu saja dapat menarik banyak perhatian dari calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda jual.

Harga unik membuat pembeli lebih tertarik

Hati-hati, persaingan harga adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari ketika membeli dan menjual kegiatan di pasar. Selain itu, puluhan produk serupa muncul ketika pelanggan mencari kata kunci produk tertentu. Sejak itu, harga produk akan menjadi perhatian pembeli potensial. Selain itu, Anda dapat menetapkan harga unik yang lebih murah daripada pesaing. Misalnya, mereka menetapkan harga produk sebesar Rp. 50.000, Anda bisa menjual produk dengan harga Rp. 49.900 Dengan memasang nomor ini, calon pelanggan dapat tertipu oleh angka-angka sebelumnya. Padahal, harganya hanya selisih Rp. 100 perak saja.

Pastikan komunikasi yang baik dengan pelanggan untuk membangun reputasi toko Anda

Untuk meningkatkan reputasi toko, Anda harus menjalin komunikasi dua arah yang baik dengan pelanggan. Karena pelanggan adalah aset dan sumber pendapatan Anda. Jawab setiap pertanyaan mereka di kolom komentar, atau ajukan pertanyaan dan jawab di kios Anda. Ini tentu tidak diremehkan, karena interaksi positif dapat menarik pelanggan untuk membeli produk Anda.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *