Pahami 5 Hal Ini Sebelum Anda Membeli Apartemen

Apartemen kini menjadi salah satu hunian pilihan masyarakat yang tinggal di kota besar. Kebutuhan tempat tinggal di kota besar cukup tinggi, namun ketersediaan lahan sangat minim dan terbatas. Sehingga, membeli apartemen dapat dijadikan alternatif pilihan. Sebelum membeli unit apartemen yang Anda inginkan, sebaiknya Anda mempertimbangkan lima hal berikut ini.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Apartemen

Sebelum membeli apartemen, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya:

  1. Komitmen pengembang

Sebelum memutuskan untuk membeli unit apartemen, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu komitmen pengembang. Anda dapat melihat komitmen pengembang dari beberapa hal yaitu pembangunan yang berkelanjutan, serah terima yang tepat waktu dan unit yang sudah siap meskipun belum semua terjual. Hal ini penting dilakukan karena untuk menjamin investasi Anda.

  1. Status hak milik dan tanah

Seorang pemilik apartemen akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (HMSRS) pada unit apartemennya. Yang menjadi milik pembeli hanya unit apartemennya saja, sedangkan tanah tempat apartemen berdiri dan fasilitas lain di apartemen statusnya adalah milik bersama. Ketika proses transaksi jual beli, developer mengeluarkan surat PPJB (Pengikatan Perjanjian Jual Beli) sebagai pengikat secara hukum antara penjual dan pembeli.

  1. Strategis

Lokasi yang strategis sebuah apartemen pada umumnya terletak di pusat kota atau pusat bisnis. Meskipun tidak berada di pusat kota, apartemen bisa dikatakan strategis jika terintergrasi dengan sarana transportasi publik. Sehingga semakin memudahkan mobilitas penghuni apartemen.

  1. Biaya perawatan

Memiliki apartemen berarti terikat dengan sejumlah kewajiban, salah satunya adalah membayar biaya rutin bulanan atau Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL). IPL atau maintenance fee terdiri dari service charge dan sinking fund. Service charge dikenakan oleh pengelola gedung apartemen untuk menutup pengeluaran biaya kantor pengelola misalnya gaji pegawai, biaya perizinan, biaya utilitas (listrik, air dan gas), biaya petugas kebersihan dll. Sedangkan singking fund merupakan dana cadangan yang dikumpulkan dari setiap unit untuk biaya perbaikan besar.

  1. Keamanan dan kenyamanan

Untuk memastikan keamanan, perhatikan apakah lingkungan apartemen dilengkapi kamera CCTV dan petugas keamanan yang berjaga 24 jam atau tidak. Salah satu keamanan yang diandalkan ketika tinggal di apartemen adalah kartu akses. Kenyamaan akan menentukan tingkat betah seseorang untuk tinggal di apartemen.

Bagi Anda yang ingin membeli atau sewa apartemen, segera hubungi jasa kami. Harga yang kami tawarkan terjangkau lho dengan lokasi yang strategis dan nyaman tentunya.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *