Kontrakan Jogja Strategis

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan Daerah Istimewa salah satu provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas 1 kotamadya, dan 4 kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki populasi 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki, dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km. Pada daerah Yogyakarta memiliki banyak lokasi strategis untuk dijadikan rumah ataupun kontrakan Jogja strategis, rumah bukan hanya sebuah bangunan tetapi juga tempat kediaman yang memiliki syarat – syarat kehidupan yang layak. Rumah dapat disebut sebagai tempat perlindungan, untuk menikmati kehidupan, beristirahat dan bersuka ria bersama keluarga.

Rumah sewa adalah bangunan yang berfungsi sebagai rumah tinggal yang dipakai atau di manfaatkan dengan membayar uang sewa dimana didalamnya ada persetujuan antara pihak yang menyediakan dengan pihak penyedia yang dimana pihak yang menyediakan tadi menyerahkan barang yang hendak disediakan kepada pihak penyedia untuk dinikmati sepenuhnya, barang yang disediakan tadi dapat dipungut hasilnya oleh pihak yang menyediakan dengan syarat pembayaran uang sewa oleh pemakai kepada pemilik seperti kesepakan yang sudah di setujui sebelumnya. Keuntungan yang didapat pemilik sewa rumah yaitu penyedia rumah sewa akan terbebas dari beban pajak bangunan, dan aksesnya yang terjangkau dari rumah sewa jika kekampus bagi mahasiswa khususnya yang menuntut ilmu diluar kampung dibandingkan daripada mereka harus tinggal di kost yang luasan tempatnya hanya seukuran kamar. Dan beberapa keuntungan ekonomis lainnya yang dapat timbul dari pembangunan rumah sewa, seperti dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para pengembang rumah sewa dan dari segi efisiensi jika menyediakan rumah yang kosong dan disewakan bisa menjadikan rumah yang disediakan menjadi terawat dibandingkan dengan rumah yang hanya dibiarkan tak berpenghuni.

Kerugian pastinya juga dirasakan, karena pada dasarnya pembangunan sewa rumah ini sah – sah saja selama penyedia dan penyedia jasa sewa tidak dirugikan. Akan tetapi bagaimana dengan lingkungan sekitar tidak dirugikan para pengembang ini memikirkannya, hal ini masih menjadi tanda tanya bagi kita dan mungkin bagi mereka lingkungan yang mereka ciptakan di daerah kawasan hunian yang mereka kembangkan sudah ramah lingkungan. Dilihat dari keadaannya sekarang, sepertinya hal tersebut telah dikesampingkan oleh para pengembang perumahan permukiman ini terbukti dengan bukti – bukti yang terjadi di lapangan. Hal yang paling terlihat dari dampak pembangunan rumah – rumah sewa tersebut adalah semakin berkurangnya daerah resapan air di daerah perkotaan, kemudian khusus bangunan yang mayoritas materialnya terdiri dari kaca-kaca yang disusun rapi di sebagian bahkan seluruh bagian gedung. Hal ini dapat menimbulkan efek rumah kaca yang berdampak terhadap pemanasan global, belum lagi selesai dengan masalah tadi pembangunan hunian sewa rumahini khususnya pada hunian sewa bagi kalangan menengah ke bawah, tidak jarang ditemukan pembangunannya dibuat secara tidak rapi bersusun sejajar dan tanpa memikirkan aspek kenyamanan lingkungan.

Sudah menjadi sebuah rahasia umum, kalo lokasi yang strategis merupakan penentu utama dalam membeli properti. Yang namanya strategis itu adalah relatif, tergantung dari kebutuhan kalian membeli properti tersebut. Jika berbicara rumah untuk tempat tinggal, lokasi strategis mengacu pada lokasi dengan akses jalan yang mudah serta fasiltias yang lengkap. Namun untuk investasi, biasanya developer memilih properti di lokasi yang berkembang. Apakah kalian ingin mengetahui bagaimana cara untuk menemukan lokasi yang strategis? Nah, kalian bisa melakukan beberapa hal seperti mencari informasi dari berbagai sumber. Dengan mencari informasi dari internet seperti situs rumah dijual dan tanyakan perkembangan harga tanah di lokasi tersebut, kalian bisa menanyakan dengan penduduk sekitar berapakah harga tanah saat ia beli dulu dan harga tanahnya sekarang.

Tanyakan fasilitas umum apa saja yang tersedia seperti pasar, rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, sarana olahraga, dan berbagai fasilitas terdekat. Lalu cari informasi lagi mengenai akses jalannya bisa dilalui dari jalan apa saja, apakah ada jalan raya terdekat atau jalan tol terdekat. Bila kalian berencana ingin membeli properti tersebut untuk tempat tinggal, semua informasi yang kalian tanyakan di atas sudah cukup untuk kalian tanyakan kepada masyarakat sekitar. Namun, jika kalian berencana ingin membeli properti untuk investasi tanyakan sedang ada pembangunan apa di sekitarnya. Jika di sekitar sedang ada pembangunan jalan tol, sekolah, atau kampus ternama, segeralah untuk berburu properti di sekitar kawasan tersebut. Pasalnya, harga jual propertinya bisa berpengaruh dan akan naik pesat saat pembangunan sudah rampung.

Bagi kalian yang ingin tinggal di Jogja maka kalian bisa mencari kontrakan Jogja strategis dimanapun, salah satunya kalian bisa mencari kontrakan Jogja strategis di https://www.rumah.com/rumah-disewa/di-area-yogyakarta-idyo07.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *