Bagaimana Mengobati Penyakit Ginjal?

Kita harus tau penyebabnya penyakit ginjal terlebih dulu sebelum menentukan jenis pengobatan untuk penyakit ginjal,. Berikut ini beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ginjal adalah:
• Obat-obatan.
Dalam mengobati penyakit ginjal, dokter akan memberikan salah satu obat Hormon erythropoietin (EPO) untuk penderita penurunan fungsi ginjal dengan anemia. Untuk infeksi ginjal dokter akan memberikan antibiotik selama satu sampai dua minggu. Selain itu juga dokter akan memberikan obat darah tinggi dari golongan ACE inhibitors (contohnya ramipril, captopril) atau ARBs (contoh valsartan, irbesartan). Selain mengontrol tekanan darah, kelompok obat ini juga bisa mengurangi kadar protein di dalam urine.
• Prosedur terapi batu ginjal.
Batu ginjal yang kecil dan dengan gejala yang ringan tidak perlu tindakan khusus untuk mengatasinya. Pasien akan dianjurkan untuk minum 2 sampai 3 L per hari untuk membilas saluran kemih,dan jika batu cukup besar dan dianggap tidak dapat keluar sendiri, dilakukan beberapa prosedur berikut ini untuk mengeluarkan batu dari ginjal, yaitu:
o Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL).
Dengan menggunakan gelombang suara yang menghasilkan getaran dari mesin ESWL. Batu tersebut dihancurkan menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga dapat dibuang bersama urine
o Ureteroscopic Lithotripsy (URS).
selang yang dilengkapi dengan kamera ke dalam saluran kemih melalui lubang tempat urine keluar yang disebut dengan metode URS akan dimasukkan. Lalu, batu akan dihancurkan dengan alat khusus sehingga menjadi ukuran yang lebih kecil, agar dapat dikeluarkan lewat saluran kemih.
o Percutaneous Nephrolithotomy (PCNL).
Tindakan ini membutuhkan pembiusan (anestesi) umum. Karena PCNL dilakukan dengan mengambil batu dengan alat khusus yang dimasukkan melalui punggung untuk mencapai ginjal.

• Diet.
Diet rendah protein dan beberapa mineral seperti natrium, kalium, serta fosfat sebaiknya dilakukan oleh penderita penurunan pada pola dietnya. Selain itu juga penting untuk membatasi asupan cairan, sehingga cairan tidak menumpuk dalam tubuh.pola diet ini penting karena ginjal berfungsi untuk menyaring zat limbah tubuh, beberapa mineral dan cairan. Bila terdapat penurunan fungsi ginjal, sulit bagi ginjal untuk membuang zat-zat limbah tersebut.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *